|
Headlines News :
Home » , » Ternyata Es Teh Perbesar Resiko Batu Ginjal

Ternyata Es Teh Perbesar Resiko Batu Ginjal

Written By. Admin on 27 Agustus 2012 | 10.01


VeHealth.com - Es teh sangat populer untuk menghilangkan dahaga di masyarakat. Namun tahukah anda bahwa menikmati minuman ini memiliki risiko yang tidak bisa diremehkan? Pasalnya, menurut National Kidney and Disease Urologic Information Clearinghouse (NKUDIC) es teh ternyata meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

Batu ginjal adalah massa yang solid garam dan mineral dalam urin yang terbentuk di ginjal dan dapat melewati saluran kemih dengan menyebabkan nyeri yang hebat. Sedangkan penyebab paling umum dari batu ginjal kurang minum cukup air, konsumsi teh mengandung oksalat, serta bahan kimia yang juga berperan dalam pembentukan batu ginjal.


Apalagi selama musim panas, ketika seseorang lebih rentan untuk mengalami dehidrasi, gabungan faktor-faktor risiko tersebut menjadi masalah ganda bagi orang-orang yang rentan terhadap batu ginjal.


"Kebiasaan orang minum es teh daripada teh panas membuat risiko tersebut lebih tinggi. Sementara konsumsi teh panas justru tidak memicu resiko tersebut," kata John Milner, MD, dari Departemen Urologi di Universitas Loyola Chicago Stritch School of Medicine di Maywood, Illinois seperti dikutip Everydayhealth.


Makanan lain tinggi oksalat termasuk coklat, bayam, bit, dan kacang tanah. Yang cukup menarik, kopi tidak termasuk daftar tersebut. Untuk melindungi terhadap batu ginjal, disarankan makan lebih sedikit garam, kalsium berlebih  yang dapat mengurangi jumlah serapan tubuh atas oksalat dan minum banyak air.Ilmuwan juga merekomendasikan konsumsi, sitrat yang ditemukan dalam lemon untuk membantu mencegah gejala dari pembentukan batu ginjal.


�Data menunjukkan laki-laki lebih rentan terhadap batu ginjal dibandingkan wanita, terutama setelah usia 40 dan ginjal batu prevalensi di antara puncak perempuan di usia 50-an,� menurut National Kidney and Disease Urologic Information Clearinghouse (NKUDIC).


Orang yang pernah memiliki batu ginjal juga rentan untuk mengidap batu ginjal kembali. Jika salah satu anggota keluarga Anda pernah ada yang terkena batu ginjal, risiko diturunkan juga besar.(ka)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved