|
Headlines News :
Home » , » Gemuk Asal Sehat Tidak Masalah

Gemuk Asal Sehat Tidak Masalah

Written By. Admin on 24 Agustus 2012 | 13.24

VeHealth - Kegemukan atau obesitas adalah berat badan yang lebih dari 20% di atas berat badan ideal. Berat badan ideal menurut Standard Brocca adalah  
(TB-100)-10% (TB-100) TB = Tinggi Badan.
 
Ada 2 tipe obesitas :
1. Tipe Android (Buah Apel)

Penumpukan lemak jenuh di tubuh bagian atas (dada,pundak, leher, dan wajah). Umumnya pada pria dan wanita pasca menapous. Resiko komplikasi penyakit tinggi (jantung, pernapasan, pencernaan, stroke, dan DM)

2. Tipe Ginoid (Buah Pear)

Penumpukan lemak tak jenuh pada bagian tubuh sebelah bawah (perut, pinggang, pinggul, pantat, dan paha). Umumnya terjadi pada kaum hawa. 
Penyebab badan menjadi gemuk adalah:
  1. Gaya hidup yang tidak sehat, kualitas dan pola hidup yang buruk (tinggi kalori dan kurang olahraga).
  2. Keturunan / genetik, memiliki sel/kantung lemak yang melebihi normal sejak masa anak-anak.
  3. Pertambahan usia, penurunan fungsi organ tubuh sehingga laju metabolisme melambat
  4. Hormonal, wanita usia produktif dengan gangguan hormonal umumnya lebih mudah mengalami kelebihan berat badan. Penurunan hormon estrogen, hormon tiroid (hipotiroid), dan hormon insulin akan memperlambat pembakaran kalori / lemak. 
  5. Penyakit lain seperti hipertensi, DM, gangguan ginjal dan gangguan pada sistem limfatik      
     Komplikasi
  1.  Penyakit jantung 
  2. Stroke
  3. Diabetes Mellitus tipe 2 
  4. Hipertensi
  5. Hiperlipidemia (kolesterol &trigiserida tinggi)
  6. Kanker 
  7. Gangguan kesunburan
  8. Gangguan lever
  9. Gangguan empedu
Banyak hal harus diperhatikan oleh orang-orang yang berbadan gemuk agar tetap sehat. Timbunan lemak yang berlebihan pada tubuh berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan bahkan kematian., seperti jantung koroner, hipertensi, dan diabetes. Dalam sebuah artikel  Archives of Intemal Medicine memaparkan bahwa tingkat kesehatan orang gemuk (obesitas), bergantung pada lemak yang tersimpan dai dalam tubuh. Timbuna lemak di perut lebih berpotensi menimbulkan penyakit jantung dan diabetes ketimbang lemak di bagian lain.

Namun risiko terbesar justru datang dari akumulasi lemak di daerah organ hati. Tapi jangan khawatir, Penyakit tersebut dpat dihindari asal Si Gemuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan punya kebiasaan berolahraga yang teratur dan terukur. Makanan orang dengan kategori obesitas berat
(more big) dianjurka mengnurangi asupan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti gula dan permen mengandung glukosa.

Glukosa yang gagal diubah menjadi tenaga  dan tertimbun menjadi lemak, akan memicu diabetes.  Lebih baik      memperbanyak makan  karbohidrat kompleks yang mengandung banyaak serat seperti buah dan sayuran. Bagi para pemilik badan berukuran jumbo harus berhatu-hati dan lebih teliti dalam mengonsumsi makanan, nutrisi harus seimbang antara karbohidrat, protein nabati dan hewani jika ingin tetap sehat.(ka)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved