|
Headlines News :
Home » , , » Mengapa Pria Tidak Suka Sayur?

Mengapa Pria Tidak Suka Sayur?

Written By. Admin on 28 Agustus 2012 | 07.00

VeHealth.com - Hampir semua informasi kesehatan menyebutkan bahwa sayur-mayur adalah makanan paling sehat di dunia. Kendati begitu, cukup banyak orang tidak menyukai bahan makanan ini, terutama kaum pria.

Alasan mengapa pria kurang menyukai sayur terungkap dalam penelitian psikologi. Disebutkan bahwa pria tidak melihat nilai kesehatan dari konsumsi buah dan sayur. Selain itu mereka juga tak yakin mampu secara rutin mengasup sayuran dan buah seperti halnya wanita.

"Hasil studi menunjukkan bahwa pria tidak punya kepercayaan sebesar wanita terhadap sayur dan buah untuk menjaga kesehatan. Selain itu mereka juga tidak bisa selalu mengasup sayuran, terutama jika sedang di tempat kerja atau menonton TV," kata John A Updegraff, kandidat profesor bidang kesehatan psikologi dari Kent State University, di Ohio.

Dalam penelitiannya, Updegraff dan timnya mencoba mengetahui apakah sebuah ide psikologi yang disebut "teori perilaku terencana" bisa memberi penjelasan mengapa pria lebih jarang mengonsumsi sayuran dan buah.

Teori tersebut melihat kaitan antara kepercayaan seseorang dan perilaku mereka. Para peneliti melihat tiga kepercayaan yang bisa memotivasi orang untuk mengasup makanan bernutrisi, perilaku mereka terhadap buah dan sayur, perasaan mereka terhadap penguasaan makanan, dan pengetahuan mereka tentang orang lain yang ingin memperbaiki pola makannya.

Data yang dipakai dalam studi ini mencakup 3.400 orang dari data survei National Cancer Institute's Food Attitudes and Behavior. Survei dilakukan tahun 2007, termasuk pertanyaan yang ditujukan untuk mengukur perilaku seseorang, serta kepercayaan dan kebiasaan menyangkut makanan. Sekitar 40 persen responden berusia 35-54 tahun.

Secara keseluruhan, wanita lebih sering mengasup buah dan sayuran. Mereka percaya dengan sering mengonsumsi buah dan sayur membuat mereka panjang umur dan terlihat lebih cantik.

Para wanita juga cenderung lebih yakin mereka mampu mengonsumsi sayuran dan buah saat mereka lapar, ngemil, kelelahan, atau di sekitar orang lain yang mengonsumsi junk food.

Perilaku dan kebiasaan kaum wanita menyangkut makanan tersebut bertolak belakang dengan kaum pria.

"Karenanya, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman para pria tentang pentingnya pola makan sehat. Mereka juga harus diyakinkan bahwa mereka tetap bisa memilih makanan sehat baik di rumah atau di tempat kerja," kata Updegraff. (ka)

sumber: kompas.com
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved