|
Headlines News :
Home » , » Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Written By. Admin on 23 Agustus 2012 | 21.30


VeHealth - Manfaat kopi sendiri ternyata sudah tercermin dari namanya, "kopi" yang diambil dari bahasa Arab  "qahwah" yang artinya "kekuatan". Dari kata tersebut kemudian berubah dalam berbagai bahasa menjadi "kahveh" (Turki), "koffie" (Belanda), "kopi" (Indonesia). Jika dikonsumsi tidak berlebihan, kopi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Banyak mitos negatif yang berkembang selama ini tentang minum kopi. Padahal jika tak berlebihan dan menurut takaran, minum kopi malah banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, asal saja tidak berlebihan. Kalau berlebihan (over dosis) tentu saja berdampak kurang bagus bagi kesehatan tubuh. Seperti apakah sejarah tentang kopi itu sendiri ?
  1. Menurut hasil penelitian dari 20 studi yang dilakukan oleh beberapa  penelitian di seluruh  dunia, menjelaskan bahwa manfaat kopi benar-benar dapat menghindarkan serangan diabetes hingga 50%. Kandungan asam klorogenik (pro vitamin B3) yang terdapat dalam kopi dapat menghambat penyerapan gula, merangsang pembentukan hormon insulin dan GLP-1. Hasil analisis data selama 18 tahun dari sekitar 126 ribu orang diperoleh hasil bahwa dengan meminum kopi 1 - 3 cangkir sehari dapat mengurangi siriko terkena diabetes hingga10%.
  2. Kopi memiliki kandungan yang dapat menghindarkan kita dari serangan jantung hingga stroke. Hal ini telah dibuktikan pada studi yang melibatkan lebih dari 83.000 wanita usia 24 tahun, mereka minum kopi 2-3 cangkir/hari hasilnya, mereka memiliki risiko 19% lebih rendah dari pada yang tidak mengkonsumsi kopi.
  3. Kanker hati, kanker usus besar, kanker payudara dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi dengan takaran yang tepat.
  4. Banyak minum kopi dapat terhindar penyakit Parkinson.
  5. Kopi mengandung zat anti-oksidan yang dapat membantu menurunkan berat  badan, dan setiap cangkir kopi mengandung 2 gr serat yang mudah larut.
  6. Kopi dapat membantu menanggulangi depresi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa 1-2 cangkir sehari bagi anak-anak sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anak-anak.
  7. Kopi dapat membantu mencegah serangan asma, sakit kepala, dan migrain.(ka)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved