|
Headlines News :
Home » , , » Mengatasi Kesulitan Tidur Pada Ibu Hamil

Mengatasi Kesulitan Tidur Pada Ibu Hamil

Written By. Admin on 23 Agustus 2012 | 20.46

VeHealth.com - Saat usia kehamilan bertambah, tidur lelap menjadi hal yang sangat didambakan oleh setiap ibu hamil. Sulit tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak di daerah ulu hati, dan lain sebagainya.

Bila kondisi seperti ini berlanjut terus dapat membuat kondisi ibu hamil menjadi menurun, konsentrasi berkurang, badan mudah lelah, terasa pegal, tidak mood dalam bekerja bahkan kadang-kdang cenderung menjadi emosional. Keluhan tidur biasdanya dimulai saat usia kandungan memasuki trimester ketiga dimana janin sudah tumbuh semakin besar sehingga terasa menyesakkan. Ada beberapa hal yang dapat membantu agar pada masa kehamilan dapat tidur dengan lebih nyaman dan aman di malam hari :
  1. Carilah posisi tidur yang lebih nyaman.
    Sangat dianjurkan buat ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sisi kiri, karena hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta. Dengan posisi ini rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat menggangu aliran darah dari ibu ke janin sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin tetap dapat berjalan dengan baik. Posisi ini juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari bagian ibu sehingga mengurangi pembengkaan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan. Tidur posisi miring  ke kanan juga baik.
  2. Mandi dengan air hangat.
    Mandi dengan air hangat, memakai sabun yang wangi dengan aroma yang segar dapat membantu menjadi rileks dan siap untuk tidur. Mandi dengan air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh menjadi lebih fres dan terasa enjoy.
  3. Hindari makan berlebihan menjelang tidur.
    Sebaiknya makan 2 jam sebelum tidur, dianjurkan tidak makan melebihi porsi atau berlebihan untuk menghindari rasa tidak enak di daerah ulu hati perut yang akan mempengaruhi kenyamanan tidur. Minum segelas air susu hangat sebelum tidur karena susu mengandung asam amino tryptohan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membantu untuk dapat lapar.
  4. Mendengarkan musik.
    Dengarkanlah musik apapun yang membuat suasana menjadi tenang dan rileks sehingga akan mudah untuk tidur lebih nyaman.
  5. Beristirahatlah secara maksimal setiap ada kesempatan.
  6. Latihan menarik nafas.
    Latihan menarik nafas dalam secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot. Tariklah nafas dalam-dalam melalui hidung secara perlahan-lahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan-lahan, lakukan hal ini beberapa kali atau semampunya.
  7. Buatlah suasana kamar tidur senyaman mungkin.
    Susana kamar tidur yang nyaman, bersih, teratur (tidak berantakan), suhu udara yang nyaman dapat membantu suasana rileks sehingga memudahkan untuk tidur nyenyak.(ka)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved