|
Headlines News :
Home » , » Nutrisi Penting Selama Hamil

Nutrisi Penting Selama Hamil

Written By. Admin on 23 Agustus 2012 | 21.03


VeHealth.com - Ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang jauh lebih besar untuk dirinya sendiri dan si janin serta saat menyusui. Kebutuhan gizi pada ibu saat hamil dengan sebelum hamil  tentu saja berbeda, seiring dengan bertambahnya bertambahnya usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan semakin meningkat. Ibu hamil perlu memperhatikan asupan vitamin dan mineral karena penting bagi kesehatan dirinya dan janin. Nutrisi yang  diperlukan selama kehamilan adalah :
  1. Karbohidrat dan lemak dibutuhkan untuk energi tubuh sehari-hari.
  2. Protein sangat diperlukan untuk membangun, memperbaiki, dan mengganti jaringan tubuh yang sudah rusak. protein diperlukan oleh ibu hamil agar pertumbuhan janin optimal. Juga bisa didapat dengan mengkonsumsi tahu, tempe, daging, ayam, ikan, susu, dan telur. 
  3. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, jika jumlah kalsium yang diperlukan oleh janin kurang, maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu. Akibatnya ibu akan mengalami pelunakan tulang (osteomalasia). Sumber kalsium dapat diperoleh dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Untuk saat ini sudah tersedia sumber kalsium yang diperoleh dari susu serta produk olahannya. Susu juga mengandung banyak vitamin, seperti Vitamin A, C, B2, dan B3.
  4. Vitamin B komplek berguna untuk menjaga sistem saraf, otot, dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur, dan produk susu. 
  5. Vitamin D berguna untuk peretumbuhan dan pembentukan tulang bayi. Sumber terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur, dan susu.
  6. Vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah yang sehat.
  7. Asam Folat berguna untuk mencegah risiko keguguran ibu hamil. Wanita hamil yang kekurangan asam folat, besar risikonya mengalami keguguran dan kerusakan janin itu sendiri. Sangat disarankan bagi ibu hamil selama kehamilannya untuk mendapat 400 mg asam folat setiap harinya. Sumber asam folat terdapat pada sayur bayam, kembang kol, brokoli, jeruk, pisang, wortel, dan tomat.                                                          
  8. Zat besi Ibu hamil yang kekurangan zat besi akan berakilbat pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi terhambat, dapat meningkatkan risiko cacat (mortalitas) pada janin. Sumber zat besi terdapat pada bayam, daging merh, hati, ikan, unggas, kerang, telur dan kedelai.(ka)
{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved