|
Headlines News :
Home » » Misteri Perdagangan Berlian Berdarah Di Afrika

Misteri Perdagangan Berlian Berdarah Di Afrika

Written By. Admin on 13 Agustus 2011 | 13.48

JAYATI Ghosh



Sebuah kampanye publik terhadap perdagangan berlian internasional memicu dan berkembangpada perang sipil di Afrika mencapai keberhasilan yang terbatas tetapi tidak ada akhir yang terlihat bagi penderitaan rakyat.




http://townipproject.wikispaces.com/file/view/diamondsprice.jpg/34019019/diamondsprice.jpg

Berlian telah menjadi simbol potensial konsumsi mewah untuk beberapa waktu. Dan sebagai ketidaksetaraan ekonomi didorong oleh pola internasional pertumbuhan, nafsu untuk simbol seperti telah tumbuh juga, menciptakan pasar dunia apung untuk berlian dalam dekade terakhir, yang telah menyebar juga ke negara-negara berkembang.



Dengan demikian, kampanye iklan untuk mempromosikan penjualan berlian telah melonjak baru-baru ini bahkan di India, di mana De Beers dan pedagang berlian internasional lainnya, serta pengecer, telah menyajikan ini sebagai lambang terbaru yang tidak hanya sukses materi, tetapi juga, tampaknya, dari kemurnian dan komitmen.



Dipoles berlian dari koleksi De Beers.



Tapi tentu saja, hal yang paling di dunia saat ini tidak apa yang mereka tampaknya, jadi mungkin tidak mengherankan, meskipun masih ironis, bahwa dunia perdagangan berlian secara substansial berdasarkan, dan feed ke dalam, kekerasan paling mengerikan dan teror di benua tragis. Sejarah ekstraksi berlian dikenal kejam, sebagaimana dibuktikan oleh melanda dari penduduk asli dan eksploitasi yang parah pekerja terutama di selatan Afrika pada abad ke-19. Namun perdagangan yang lebih baru didasarkan pada apa yang mungkin merupakan eksploitasi lebih sinis dan penguatan konflik lokal setan di wilayah sub-Sahara dengan pengolahan multinasional dan perusahaan dagang.



Beberapa kegiatan keruh telah menjadi fokus perhatian publik internasional karena upaya organisasi yang berbasis di London kecil non-pemerintah, Global Witness, yang telah menyoroti peran yang dimainkan oleh perdagangan berlian dalam pembiayaan perang sipil destruktif di sub- Sahara Afrika. Perang bertempur di benua yang kaya sumber daya telah ditambahkan ke kemiskinan dan kesedihan rakyatnya, tetapi penting untuk mengingat bahwa banyak dari perang-perang ini benar-benar telah mengenai kontrol atas sumber daya, dan juga telah dibiayai oleh hasil mereka dijual.

http://www.diamondsnews.com/images/europe%20diamonds.jpg



Dalam semua perang sipil yang terjadi di berlian-negara kaya, daerah yang paling sengit adalah ladang berlian. Untuk gerakan pemberontak, sebanyak bagi pemerintah, hanya terlalu mudah untuk menyelundupkan batu-batu kasar luar negeri dan menjualnya kepada pedagang di pusat-pusat berlian besar seperti Antwerpen.



Kontrol atas wilayah berlian memiliki, karena itu, menentukan sumber daya yang tersedia untuk sisi yang berbeda, dan sering membantu untuk menentukan bahkan siapa yang akhirnya menang perang. Tetapi ini berarti bahwa kekayaan alam tersebut membawa apa-apa bagi penduduk setempat, dan bukannya menyediakan untuk instrumen kehancuran, yang selanjutnya merusak keberadaan mereka.



http://www.csmonitor.com/var/ezflow_site/storage/images/media/images/0621-blood-diamond/8183600-1-eng-US/0621-blood-diamond_full_600.jpg

Di Angola, misalnya, penjualan berlian ilegal penting dalam pendanaan pasukan pemberontak Unita Jonas Savimbi di atas 1990-an. (Tentu saja, Unita juga mendapat dukungan dari pemerintah Utara seperti Amerika Serikat, yang ingin menggoyahkan rezim seharusnya Marxis.) Penjualan berlian dipotong dari ladang disita oleh mereka dalam konflik yang diperoleh Unita setidaknya $ 3700000000 antara tahun 1992 dan 1997, memungkinkan untuk mempersenjatai kembali bahkan seperti berbicara tentang perdamaian, dan akhirnya untuk berperang lagi. Mobutu Sese Seko, Presiden Zaire tetangga (sekarang Republik Demokratik Kongo), dan lain sekutu utama AS, membeli batu dan memungkinkan pengiriman besar senjata yang diselundupkan melalui negaranya untuk Unita.



Setelah tumbuh protes dari kelompok hak asasi manusia, PBB menjatuhkan sanksi pada perdagangan berlian seperti pada tahun 1998. Tapi sanksi tidak efektif tanpa dukungan dari bisnis berlian internasional, yang terus menggunakan berlian dengan impunitas.



Tragedi mengerikan diaktifkan oleh penjualan berlian ilegal disorot lagi di Sierra Leone, di mana pasukan pemberontak dari Front Persatuan Revolusioner (RUF) dipraktekkan bentuk yang amat pemaksaan penduduk setempat, menegakkan kontrol mereka dengan teror melalui amputasi anggota badan sistematis orang dewasa dan anak-anak, bersama dengan praktek-praktek lainnya.

http://thumbnails.hulu.com/16/800/78624_512x288_generated__NSQNV7+7k0q6Fa3ifj3PeA.jpg



RUF memulai kampanye yang merusak oleh kontrol mengakuisisi pertama atas beberapa bidang berlian penting, dan meningkatkan sumber daya untuk perluasan kegiatan kekerasan dengan penyelundupan batu kasar melalui tetangga Liberia dan menjualnya dengan harga murah. (Kebetulan, keuntungan dari penjualan berlian juga memungkinkan RUF untuk menyewa jasa tentara bayaran asing kelompok paramiliter seperti "Hasil Eksekutif" ironisnya bernama, yang telah hiperaktif dalam konflik destruktif dari wilayah Afrika.)



Pengalaman yang demikian memungkinkan Global Witness dan kelompok-kelompok advokasi lain untuk membuat kasus yang kuat untuk bersikeras pada tindakan perusahaan untuk menghindari membeli berlian dari ditunjuk "zona konflik". Tekanan terus-menerus seperti mempengaruhi industri berlian, di mana "citra adalah segalanya", untuk mengadopsi pengaturan internasional yang bertujuan mengurangi kritik.



THE Sertifikasi Proses Kimberley Skema (KPCS) dinegosiasikan oleh 61 pemerintah, organisasi masyarakat sipil seperti Global Witness dan perwakilan dari perdagangan berlian swasta dan secara resmi diluncurkan pada Januari 2003. Para KPCS merupakan skema sertifikasi internasional pemerintah, yang mengharuskan pemerintah dan industri berlian untuk melaksanakan impor / ekspor rezim kontrol pada berlian kasar, untuk mencegah "berlian konflik" dari bahan bakar konflik dan pelanggaran HAM. Selain itu, ada pengaturan-diri yang diperlukan dari semua sektor industri berlian untuk menerapkan sistem jaminan dan kode etik untuk menjaga "berlian konflik" keluar dari perdagangan yang sah.



Pada saat itu, skema itu dipuji sebagai terobosan besar, karena rupanya mendapat organisasi perusahaan utama yang terlibat dalam perdagangan berlian untuk merespon tekanan publik. Namun, beberapa analis menunjukkan bahwa perusahaan tersebut terbesar, De Beers dari Afrika Selatan, yang mengontrol 60 persen suplai berlian dunia, menemukan skema untuk kepentingan sendiri.



Dari tahun 1930-an, De Beers telah membeli berlian surplus untuk memastikan cengkeraman pada pasokan global. Tapi baru-baru ini dihadapkan dengan persaingan yang meningkat dan prospek peningkatan popularitas berlian sintetis. Perusahaan mungkin telah memutuskan bahwa sekarang masuk akal komersial untuk itu pasar itu sendiri sebagai perusahaan "bersih" berlian, menjamin "berdarah" batu. Beberapa analis juga mencatat bahwa jika pasokan berlian Afrika mengering, mungkin sesuai dengan De Beers, yang kemudian akan mampu menjual beberapa stockpile sendiri berlian, saat ini senilai lebih dari $ 4 miliar.



Namun, laporan terbaru dari Global Witness, yang telah memantau pelaksanaan Proses Kimberley, menemukan bahwa kontribusi pengecer berlian 'untuk sebuah inisiatif PBB yang didukung Amerika untuk mencegah penjualan berlian ilegal dari memicu perang Afrika telah mencapai sedikit lebih dari " manuver PR ". Hal ini didasarkan pada survei yang dilakukan di pasar ritel untuk perhiasan berlian di AS, yang menyumbang lebih dari setengah dari penjualan global perhiasan berlian ritel dengan nilai $ 24 miliar pada 2002.



Survei ini mengungkapkan bahwa pemain utama di sektor perhiasan berlian ritel AS tidak melakukan langkah-langkah dasar swa-regulasi yang digambarkan dalam Proses Kimberley. Secara umum, sangat sedikit dari pengecer mewah besar memiliki kebijakan yang eksplisit pada pembelian berlian, dan ada tingkat kesadaran yang rendah di kalangan karyawan tentang isu "konflik berlian". Laporan ini juga menunjukkan bahwa Dewan Berlian Dunia, yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan upaya industri untuk memerangi "berlian konflik", tidak dipantau sesuai dengan regulasi diri, atau memiliki asosiasi perdagangan lainnya.



Semua ini mungkin bisa diharapkan - jarang bahwa perusahaan benar-benar sinis mematuhi setiap aturan atau bahkan "swa-regulasi" yang menyentuh garis bawah keuntungan. Dan kecenderungan untuk membayar layanan bibir atas keprihatinan sosial atau untuk menutupi kegiatan mereka sendiri tetap kuat seperti sebelumnya. Tetapi kampanye publik melawan menggunakan sumber daya alam dari suatu negara untuk membiayai perang yang menghancurkan dan brutal dan sekaligus memberikan keuntungan kepada perusahaan-perusahaan multinasional, telah lebih berhasil dalam waktu yang lebih singkat dari yang diharapkan.

http://www.tirings.com/news/wp-content/uploads/2010/08/blood-diamond.jpg

Tekanan terus-menerus sebenarnya mungkin membawa beberapa perubahan positif dalam tujuan ini relatif terbatas. Namun, tragedi dasar dari sebuah benua yang memiliki kekayaan alam yang umumnya membawa kesengsaraan yang lebih besar bagi orang-orang sendiri karena rapaciousness dari pencatut asli dan asing tidak mungkin berakhir begitu mudah.

Artikel diatas diambil dari situs berbahasa inggris dan saya terjemahkan melalui google terjemahan.By.www.eryevolutions.co.cc

mohon cantumkan link balik keblog saya,thnks kunjungannya.

{[['']]}

Artikel Terkait...

Comments
0 Comments

0 komentar:

Translate

Pages on Facebook & Twitter

   
 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Modify by Yunieka - All Rights Reserved